Tugas Staf Tingkat Kecamatan yang Perlu Anda Ketahui

143

Tugas staf tingkat Kecamatan adalah menjalankan sebagian kewenangan pemerintah kabupaten pada wilayah kerjanya. Dengan menjalankan hal tersebut terdapat tatanan pemerintahan atau staf yang dipimpin oleh Camat sebagai pimpinan tertingginya.

Struktur organisasi tingkatannya dimulai dari pemegang jabatan tertinggi oleh Camat. Kemudian di bawah struktur camat terdapat sekretaris yang membawahi sub bagian umum serta keuangan, sub perencanaan. Lalu di terbagi menjadi beberapa seksi.

Seksi tersebut diantaranya adalah Seksi Pemerintahan, Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Seksi Kesejahteraan Rakyat, Seksi Ketentraman dan Ketertiban serta sebagai Kelompok Jabatan Fungsional. Berikut penjelasan tentang tugas staf Kecamatan.

Mengenal Terlebih Dahulu Fungsi Kecamatan

Kecamatan memiliki fungsi sebagai pengorganisasi penyelenggara pemerintah pada tingkatannya, pengorganisasi kegiatan pembinaan serta pengembangan perekonomian rakyat serta sebagai pelaksanaan pungutan pendapatan daerah sesuai wewenang.

Menyelenggarakan pelayanan sosial dan pemberdaya masyarakat, pembinaan kelurahan, dukungan administrasi pada bidang pendidikan sekolah dasar. Pembinaan ketentraman serta ketertiban wilayah kecamatan. Pelaksana koordinasi maupun sebagai fasilitas kegiatan pembangunan.

Baca juga: LBH LP KPKN Pengurus Cabang Kabubaten Tangerang Soroti PL Camat Mauk

Mengenal Tugas Staf Tingkat Kecamatan

Tugas pokok staf tingkat Kecamatan pertama yakni camat adalah melaksanakan kewenangan dari pemerintah yang diberikan oleh Bupati dalam menangani sebagian urusan otonomi daerah. Dengan menjalankan beberapa hal lainnya.

Sekretaris sebagai pelaksana dalam urusan umum, menyusun rencana dan mengolah administrasi keuangan dan kepegawaian. Sekretaris membawahi dua sub bagian yakni bagian umum dan keuangan serta bagian perencanaan.

Tugas staf di Kecamatan sub Bagian Umum dan Keuangan menjalankan urusan dalam penyelenggaraan seperti surat serta arsip berkaitan dengan keuangan. Bagian perencanaan ada untuk melakukan atau menyusun program kerja dan rencana strategis pembangunan.

Seksi pemerintahan untuk merumuskan serta pelaksanaan kebijakan teknis dalam bidang pemerintahan. Seksi ini di pimpin seorang kepala seksi di bawah serta bertanggung jawab ke Camat.

Tugas staf tingkat Kecamatan seksi Pemberdayaan Masyarakat memiliki tugas utama dalam mempersiapkan bahan pelaksanaan sebagian tugas Camat dalam bidangnya sebagai pemberdayaan masyarakat serta melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas umum dan pelaksana kewenangan pemerintahan.

Seksi kesejahteraan rakyat dalam kegiatan koordinasi sebagai penyelenggara dalam kegiatan kesehatan, pendidikan sosial, ketenagakerjaan transmigrasi, pemberdayaan perempuan, KB dan agama di dalamnya.

Fungsi dan tugas setiap staf pemerintahan sangat penting dalam menjalankan tugas dan wewenangnya dalam tingkat kecamatan. Tugas staf Kecamatan dimulai dari Camat hingga seksinya. Selanjutnya…

Terima kasih atas kunjungannya dan dirasa bermanfat silahkan bagikan.

Author: A.Iwan Dahlani

Dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com. “Jika Anda berminat untuk menjadi anggota di LBH LP KPK’N “, Caranya mudah Anda bisa meghubungi Nomor WhatsApp +62 821-1243-6478.

Comments are closed.