Mengenal Beberapa Contoh Tindak Pidana yang Dapat Diketahui

437

 

Contoh tindak pidana adalah salah satu informasi yang diketahui agar Anda mengetahui mengenai beberapa tindakan yang dilarang secara hukum. Sehingga dengan begitu maka Anda dapat memahami seperti apa saja kejahatan yang termasuk dalam pidana.

Sebagai informasi dasar, Anda harus mengetahui tentang apa yang disebut sebagai tindak pidana. Secara garis besar, tindak pidana merupakan suatu perbuatan yang emang dilarang untuk dilakukan seseorang maupun kelompok.

Sehingga jika perbuatan tersebut benar-benar direalisasikan maka dapat dikatakan sebagai pelanggaran suatu aturan dari Undang-Undang. Sehingga jika aturan tersebut dilanggar maka akan dikenai suatu sanksi atau hukum pidana.

Baca juga: Inilah Bentuk Gugatan Dalam Praperadian Di Indonesia

Berikut Beberapa Contoh Tindak Pidana Berdasarkan Jenisnya

Ketahuilah bahwa contoh dari tindak pidana itu sangatlah luas. Karena itulah Anda dapat mengetahui bahwa terdapat beberapa jenis dari hal tersebut. Dengan mengetahui beberapa jenisnya maka Anda dapat mengetahui tentang beberapa contohnya.

  1. Kejahatan dan Pelanggaran

Salah satu jenis contoh seperti tindak pindana ialah kejahatan dan pelanggaran. Sedangkan KUHP sendiri juga sudah memuat mengenai tindakan ini. Dimana buku ke II KUHP memuat mengenai kejahatan serta buku ke III memuat tentang pelanggaran.

Lalu masih ada 2 pendapat yang membedakan kejahatan dan pelanggaran yakni rechtsdelicten dan wetsdelicten. Rechtsdelicten merupakan suatu perbuatan yang bertentangan dengan suatu keadilan entah itu diancam dengan pidana melalui UU atau tidak. Contohnya seperti pencurian dan pembunuhan.

Sedangkan wetsdelicten merupakan perbuatan dimana bagi masyarakat baru sadari sebagai suatu pidana dikarenakan adanya Undang-Undang.Tindak pidana seperti ini cukup sepele yakni seperti tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor.

  1. Delik Formil dan Delik Materil

Anda dapat mengetahui bahwa delik formil sudah selesai apabila perbuatan tersebut cocok dengan rumusan dalam pasal Undang-Undang yang bersangkutan. Salah satunya ialah contoh tindak pidana penghasutan di mana sesuai dengan Pasal 160 KUHP.

Sedangkan delik materiil Adalah suatu di mana perumusannya di titik beratkan pada suatu akibat yang dilarang atau tidak dikehendaki. Salah satu contoh di antaranya adalah pembunuhan sesuai dengan pasal 338 KUHP.

Harus dipahami bahwa informasi di atas belum menyebutkan semua contoh pidana tersebut secara menyeluruh. Namun setidaknya Anda memiliki informasi mengenai beberapa contoh tindak pidana. Pelajaran berikutnya……

Dirasa ini berguna silahkan bagikan karena berbagi itu bagian dari amal sedekah.

Author: A.Iwan Dhalani

Comments are closed.