Memahami Administrasi Klaim Asuransi bagi Pengguna Awam

224

Tidak banyak orang awam paham administrasi klaim asuransi karena memang budaya insurance di Indonesia cukup miris. Semua itu bisa kita lihat dari data statistik bahwa cukup banyak masyarakat tanpa kepemilikan jaminan.

Kami akan jelaskan apa sebenarnya klaim ini dan fungsinya sehingga Anda dapat lebih mempertimbangkan untuk menggunakan. Akan sangat disayangkan jika hidup kita tanpa jaminan keamanan.

Asumsikan insurance ini adalah sebuah tabungan yang digunakan untuk kebutuhan kritis. Misalnya ketika kecelakaan atau pada saat kita meninggalkan keluarga nanti karena nyawa sudah dicabut.

Konsep seperti itu jarang sekali diterapkan masyarakat Indonesia terutama perekonomian menengah kebawah. Padahal orang dengan perekonomian tersebut jauh lebih butuh insurance dari orang kaya.

Apa Itu Administrasi Klaim Asuransi

Klaim asuransi merupakan sebuah tindakan penuntutan hak perjanjian yang telah dibuat pihak insurance dan klien. Jadi setiap insurance itu berbeda jenisnya tergantung kebutuhan pribadi sendiri.

Setiap jenis tersebut memiliki klaim bervariasi dan perlu kita lihat kontraknya agar lebih relevan. Selaman relevansi kontrak tersebut dapat ditemukan maka administrasi klaim asuransi dapat kita lakukan.

Kami berikan sebuah contoh misalnya Anda mengalami kecelakaan yang membuat mobil hancur. Mobil tersebut sudah didaftarkan dalam polis asuransi dan Anda melakukan pembayaran rutin setiap bulan.

Polis tersebut tentu saja dapat kita klaim pada saat terjadi sebuah kecelakaan dan merusak mobil. Bahkan jika kontrak memiliki fleksibilitas tinggi kerusakan dapat ditanggung oleh pihak penjamin.

Ini adalah sebuah proses administrasi yang perlu kita ketahui sehingga dapat menggunakannya secara optimal. Karena tanpa pemahaman mendalam mengenai hal ini asuransi tetap tidak akan dibayarkan.

Ketika klien pemilik polis tidak melakukan klaim maka pihak insurance sendiri juga tidak akan mengurusnya. Sehingga klaim adalah hal wajib dilakukan bagi klien agar dapat mencairkan sejumlah dana.

Adanya administrasi klaim asuransi sangat penting kita lakukan sehingga mampu memberikan hasil lebih optimal. Kita sudah membayar secara rutin setiap bulan dengan tujuan ganti rugi tersebut.

Apabila tidak melakukan klaim maka tabungan yang setiap bulan kita bayarkan tersebut tentu percuma. Jadi Anda sebagai masyarakat awam perlu memahami seperti apa konteks berlaku dalam perjanjian

Karena sekali lagi perlu kita lihat bagaimana bentuk perjanjian dan seperti apa fungsionalitasnya. Pada segmen berikutnya akan kami jelaskan secara lebih rinci terkait fungsi kepemilikan itu.

Fungsi Utama Melakukan Klaim Asuransi

Ketika berbicara masalah fungsi sebenarnya cukup universal dan bisa relatif terhadap pengguna. Namun di Indonesia paling umum ada tiga fungsi ketika menggunakanya sebagai berikut.

1. Pengalihan risiko

Ini adalah salah satu konsep yang paling sering dilakukan ketika seseorang memiliki barang mewah. Asuransi mobil adalah salah satu contoh pengalihan risiko terkait adanya barang nyata.

Jadi administrasi klaim asuransi digunakan untuk mitigasi risiko misalnya kendaraan tadi mengalami kerusakan. Sehingga pihak insurance dapat memberikan ganti rugi apabila terjadi sebuah insiden.

2. Pembayaran ganti rugi

Ini sifatnya lebih universal seperti ketika mengasuransikan tempat tinggal sendiri. Jadi ketika terjadi sebuah insiden yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penurunan nilai semua dapat kita tuntut.

Konsep seperti ini paling sering diterapkan karena memang mitigasi riskonya paling tinggi. Sedangkan ketika kita menerapkan pada diri sendiri nanti akan cukup berbeda konteks administrasinya.

3. Pembayaran santunan

Ini biasanya terkait dengan asuransi jiwa dimana administrasi klaim asuransi tersebut tergantung pada kondisi pribadi. Misalnya Anda mengalami kecelakaan maka personal insurance dapat kita tuntut.

Berapa besar dana santunan yang akan diperoleh tentu saja tergantung pada bagaimana bentuk kontraknya. Jadi setiap insurance company juga memiliki kebijakan berbeda terhadap hal tersebut.

Tidak semua insurance company akan memberikan santunan secara mudah tanpa investigasi. Hal tersebut dilakukan agar insurance fraud tidak terjadi dan merugikan perusahaan.

Dengan mengetahui tiga fungsi utama tersebut tentu sekarang Anda menjadi lebih paham. Bahwa dalam menjamin harta, benda, dan jiwa kita bisa menggunakan polis sesuai kebutuhan pribadi.

Cara Melakukan Klaim Asuransi Mobil Secara Legal

Ini hanya salah satu jenis saja namun di Indonesia paling sering digunakan sebagai jaminan. Kami akan jelaskan bagaimana cara melayangkan tuntutan sehingga bisa mendapatkan uang penggantian.

1. Pembuatan laporan

Pembuatan laporan ini perlu disertakan dengan bukti kerusakan yang terjadi pada kendaraan. Sehingga Anda bisa melampirkan foto pada dokumen atau lebih baik lagi sebuah video.

Dalam pembuatan laporan administrasi klaim asuransi ini lebih difokuskan pada pemberian bukti. Jadi segala bentuk kerusakan dapat kita dapatkan tuntutan penggantian berdasarkan polis.

2. Mempersiapkan dokumen

Dokumen kelengkapan seperti stnk dan BPKB perlu dipersiapkan sebagai dokumen legal. Misalnya terjadi total loss seperti ketika Anda dirampok dan mobil hilang beserta suratnya maka tidak perlu melampirkan.

Namun tetap perlu memberikan keterangan administrasi klaim asuransi secara resmi sehingga dapat digunakan sebagai substitusi. Ini paling penting untuk memperkuat statement bahwa barang tersebut kondisinya total loss.

3. Melaporkan

Anda bisa melaporkan secara offline atau online tergantung mana yang lebih nyaman. Jika kantor jaraknya dekat offline saja tidak masalah bahkan ini lebih menghemat waktu.

4. Survey

Pada saat administrasi klaim asuransi pihak perusahaan akan mengirim tim survey. Tim survey tersebut akan melihat seperti apa keadaan atau kerusakan kendaraan terkait sebelum memutuskan kelayakan klaim.

Jika memang klaim dinyatakan diterima maka Anda akan mendapatkan sejumlah uang untuk penggantian kerusakan. Proses administrasi ini memang relatif panjang namun hasilnya juga lumayan.

Ketika semua proses tadi sudah dilakukan maka Anda akan mendapatkan kembali hak atas barang tersebut. Apabila ada kerusakan akan diperbaiki bahkan jika total loss bisa memperoleh penggantian baru.

Baca juga:

Gugatan Perdata, Syarat Sah, Jenis dan Cara Pembuatannya

Apa Saja Jenis Asuransi yang Ada

Kami memang menggunakan contoh klaim mobil karena relatif mudah proses dan jangka waktunya. Namun ada berbagai jenis insurance yang perlu Anda ketahui sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan.

1. Asuransi kesehatan

Tujuan dari administrasi klaim asuransi kesehatan adalah ketika klien jatuh sakit dan butuh biaya berobat. Jadi segala bentuk dengan keterkaitan terhadap kesehatan biasanya masuk dalam polis ini.

2. Asuransi kendaraan

Seperti contoh segmen sebelumnya tuntutan dapat diajukan ketika kendaraan rusak atau hilang. Namun kembali lagi apakah polisnya berupa partial loss, total loss, atau all coverage.

3. Asuransi jiwa

Ini biasanya digunakan sebagai tabungan hari tua sehingga kita bisa pensiun secara aman. Langkah pengamanan seperti ini dilakukan agar stabilitas finansial hari tua tetap terjaga.

4. Asuransi gadget

Ini adalah jenis coverage terbaru yang konsepnya hampir sama seperti kendaraan. Namun implementasi administrasi klaim asuransi pada gadget seperti smartphone, laptop, atau electronic device lainnya.

Secara umum ada dua coverage dari jenis ini yaitu partial dan all coverage. Jadi polis memang hampir sama sesuai kebutuhan kita apakah itu mencegah hilang atau sekedar perlindungan nilai saja.

Dari berbagai jenis asuransi tersebut tentu Anda dapat memilih mana yang paling cocok digunakan. Ketika kita menemukan hal yang cocok untuk dilindungi maka insurance adalah hal paling tepat.

Perlindungan nilai tentu perlu kita berikan pada segala sesuatu paling berharga dalam hidup. Sehingga ketika terjadi sebuah gangguan menyebabkan degradasi nilai nantinya dapat memperoleh kompensasi.

Konsep self insurance sendiri di Indonesia perlu diakui tidak populer dan masih sebatas pengguna menengah keatas. Dengan info administrasi klaim asuransi tadi semoga Anda pertimbangkan kembali betapa pentingnya ini.

Demikian ulasan artikel diatas jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com/ (Asisten Advokat/Ketua LBH LP KPK’N WhatSapp 0857-1700-26233 ).

Comments are closed.